Rabu, 09 Januari 2013

Tugas RPL (Pengembangan Berorientasi Objek)


REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Pengembangan Berorientasi Objek
                
1. berorientasi objek analisis, desain dan pemrograman yang terkait namun berbeda.

2. OOA berkaitan dengan mengembangkan model obyek dari domain aplikasi.

3. OOD berkaitan dengan mengembangkan model berorientasi obyek sistem untuk melaksanakan persyaratan.

4. OOP berkaitan dengan relaising OOD yang menggunakan bahasa pemrograman OO seperti java atau C + +.

Karakteristik OOD

- Objek adalah abstraksi dari entitas dunia nyata
 atau sistem dan mengelola sendiri.
- Benda informasi independen dan representasi.
- Fungsi sistem dinyatakan dalam hal layanan objek.
- Daerah data bersama dieliminasi. benda berkomunikasi melalui pesan lewat.
- Benda dapat didistribusikan dan dapat mengeksekusi secara berurutan atau paralel.

Keuntungan dari OOD
- Mudah perawatan. benda dapat dipahami sebagai entitas yang berdiri sendiri.
- Benda yang berpotensi dapat digunakan kembali komponen.
- Untuk beberapa sistem, mungkin ada pemetaan yang jelas dari entitas dunia nyata ke objek sistem.

Objek dan kelas objek
- Benda entitas dalam suatu sistem perangkat lunak yang merupakan contoh dari entitas dunia nyata dan sistem.
- Kelas objek merupakan template untuk objek. mereka dapat digunakan untuk membuat objek.
- Kelas objek dapat mewarisi atribut dan jasa dari kelas objek lainnya.
bahasa pemodelan terpadu
- Notasi yang berbeda untuk menggambarkan berorientasi obyek desain yang diusulkan pada 1980-an dan 1990-an.
- Bahasa pemodelan terpadu merupakan integrasi dari notasi.
- Ia menjelaskan notasi untuk sejumlah model yang berbeda yang mungkin dihasilkan selama analisis dan desain OO.
- Sekarang standar de facto untuk pemodelan OO.

Objek komunikasi
- Konseptual, obyek berkomunikasi melalui pesan lewat.
- pesan
   1. nama layanan yang diminta oleh obyek memanggil;
   2. salinan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan layanan dan nama pemegang untuk hasil layanan.
- Dalam praktik yang, pesan sering dilaksanakan oleh panggilan prosedur.
1. Nama = Nama prosedur;
2. informasi = daftar parameter.
Contoh – contoh pesan
/ / Memanggil metode yang berhubungan dengan buffer
/ / Objek yang mengembalikan nilai berikutnya
/ / Dalam buffer
        v = circularBuffer.Get ();
/ / Memanggil metode terkait dengan
/ / Termostat objek yang menetapkan
/ / Suhu dipertahankan
       thermostat.setTemp (20);

Generalisasi dan Warisan
- Benda adalah anggota dari kelas yang mendefinisikan jenis atribut dan operasi.
- Kelas dapat diatur dalam hirarki kelas dimana satu kelas (super-class) adalah generalisasi dari satu atau lebih kelas lainnya (sub-kelas).
- Sub-kelas mewarisi atribut dan operasi dari kelas super dan dapat menambahkan metode baru atau atribut sendiri.
- Generalisasi dalam UML diimplementasikan sebagai warisan dalam bahasa pemrograman OO.

Keuntungan dari w\Warisan
- Itu adalah mekanisme abstraksi yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan entitas.
- Itu adalah mekanisme penggunaan kembali pada kedua desain dan tingkat pemrograman.
- Grafik warisan adalah sumber pengetahuan tentang domain organisasi dan sistem.

Masalah dengan Warisan
- Kelas objek yang tidak mandiri. mereka tidak dapat dipahami tanpa merujuk pada mereka super-kelas.
- Desainer memiliki kecenderungan untuk menggunakan kembali grafik warisan dibuat selama analisis. dapat menyebabkan inefisiensi signifikan.
- Grafik warisan dari analisis, desain dan implementasi memiliki fungsi yang berbeda dan harus dipertahankan secara terpisah.

UML asosiasi
- Objek dan kelas objek berpartisipasi dalam hubungan dengan obyek lain dan kelas objek.
- Di UML, hubungan generalisasi ditunjukkan oleh asosiasi.
- Asosiasi mungkin dijelaskan dengan informasi yang menggambarkan asosiasi.
- Asosiasi yang umum tetapi dapat menunjukkan bahwa atribut dari suatu objek adalah objek yang terkait atau metode bergantung pada objek terkait.

Bersamaan Benda
- Sifat benda sebagai entitas mandiri membuat mereka cocok untuk pelaksanaan bersamaan.
- Model message-passing komunikasi objek dapat diimplementasikan secara langsung jika objek berjalan pada prosesor terpisah dalam sistem terdistribusi.
server dan objek aktif

1. server
- Objek diimplementasikan sebagai proses paralel (server) dengan entry point sesuai dengan operasi objek. jika tidak ada panggilan yang dibuat untuk itu, objek itu sendiri menunda dan menunggu permintaan selanjutnya untuk layanan.

2. aktif benda
- Benda yang dilaksanakan sebagai proses paralel dan keadaan obyek internal dapat diubah oleh obyek itu sendiri dan bukan hanya dengan panggilan eksternal.

Aktif Transponder Objek
- Benda aktif mungkin memiliki atribut mereka diubah oleh operasi tetapi juga dapat memperbarui mereka secara mandiri menggunakan operasi internal.
- Benda transponder menyiarkan posisi pesawat terbang. posisi dapat diperbarui dengan menggunakan sistem posisi satelit. objek berkala memperbaharui posisi dengan triangulasi dari satelit.
Sebuah objek yang aktif transponder

Java thread
- Thread di java adalah membangun sederhana untuk melaksanakan obyek bersamaan.
- Thread harus menyertakan metode yang disebut run () dan ini dimulai oleh sistem run-time Java.
- Benda yang aktif biasanya mencakup infinite loop sehingga mereka selalu melakukan perhitungan.
Sebuah proses desain berorientasi obyek
- Proses desain terstruktur melibatkan mengembangkan sejumlah model sistem yang berbeda.
- Mereka memerlukan banyak upaya untuk pengembangan dan pemeliharaan model ini dan, untuk sistem kecil, hal ini mungkin tidak efektif biaya.
- Namun, untuk sistem yang besar yang dikembangkan oleh kelompok yang berbeda model desain merupakan mekanisme komunikasi yang penting.
proses tahapan

1. menyoroti kegiatan utama tanpa terikat pada proses kepemilikan seperti RUP.
- Mendefinisikan konteks dan cara penggunaan sistem;
- Merancang arsitektur sistem;
- Mengidentifikasi objek sistem utama;
- Mengembangkan model desain;
- Tentukan antarmuka objek.

Cuaca Deskripsi system
sistem pemetaan cuaca diperlukan untuk menghasilkan peta cuaca secara teratur menggunakan data yang dikumpulkan dari jarak jauh, stasiun cuaca tanpa pengawasan dan sumber data lainnya seperti pengamat cuaca, balon dan satelit. Stasiun cuaca mengirimkan data mereka ke komputer daerah dalam menanggapi permintaan dari mesin itu.
sistem komputer daerah memvalidasi data yang dikumpulkan dan terintegrasi dengan data dari arsip ini dan database peta digital satu set peta cuaca lokal dibuat. peta dapat dicetak untuk distribusi pada printer peta tujuan khusus atau dapat ditampilkan dalam beberapa format yang berbeda.
konteks sistem dan model penggunaan

1. mengembangkan pemahaman tentang hubungan antara perangkat lunak yang dirancang dan lingkungan eksternalnya.
2. konteks sistem
- Model statis yang menggambarkan sistem lain di lingkungan. menggunakan model subsytem untuk menunjukkan sistem lain. Slide berikut ini menunjukkan sistem di seluruh sistem stasiun cuaca.
3. model penggunaan sistem
- Model dinamis yang menggambarkan bagaimana sistem berinteraksi dengan lingkungannya. menggunakan menggunakan-kasus untuk menunjukkan interaksi.
berlapis arsitektur
<<subsustem>>
Menampilkan Data
menampilkan data lapisan di mana objek prihatin dengan penyusunan dan penyajian data dalam bentuk manusia-dibaca
<<subsystem>>
Pengarsipan data
pengarsipan data lapisan di mana objek peduli dengan penyimpanan data untuk pengolahan masa depan.
<<subsystem>>
Pengolahan Data
pengolahan data lapisan di mana objek prihatin dengan memeriksa dan mengintegrasikan data yang dikumpulkan.
<<subsystem>>
Pengumpulan data
pengumpulan data lapisan di mana benda-benda yang berkaitan dengan memperoleh data dari sumber jarak jauh.

Use case model
- Use case model yang digunakan untuk mewakili setiap interaksi dengan sistem.
- Model use case menunjukkan fitur sistem sebagai elips dan entitas berinteraksi sebagai tongkat.

Deskripsi use-case
- Sistem: stasiun cuaca
- Use case: Laporan
- Aktor: Cuaca sistem pendataan, stasiun cuaca
-          Data: stasiun cuaca mengirimkan ringkasan dari data cuaca yang telah dikumpulkan dari instrumen dalam periode penagihan ke sistem pengumpulan data cuaca. data yang dikirim adalah minimum maksimum dan rata-rata tanah dan suhu udara, maksimal, tekanan udara minimum dan rata-rata, maksimum, minimum dan kecepatan angin avearage, total curah hujan dan arah angin sebagai sampel pada interval 5 menit.
-          - Stimulus: data cuaca sistem pengumpulan menetapkan link modem dengan stasiun cuaca dan transmisi permintaan data.
-          - Respon: data diringkas dikirim ke sistem pengumpulan data cuaca.
-          - Komentar: stasiun cuaca biasanya diminta untuk melaporkan sekali per jam tetapi frekuensi ini mungkin berbeda dari satu stasiun ke yang lain dan dapat dimodifikasi di masa depan.

Arsitektur desain
1. sekali interaksi antara sistem dan lingkungannya telah dipahami, Anda menggunakan informasi ini untuk merancang arsitektur sistem.
2. arsitektur berlapis sesuai untuk stasiun cuaca
- Lapisan antarmuka untuk komunikasi penanganan;
- Pengumpulan data lapisan untuk mengelola instrumen;
- Instrumen lapisan untuk mengumpulkan data.
3. ada biasanya harus tidak lebih dari 7 entitas dalam model arsitektur.

Stasiun cuaca
antarmuka: mengelola semua komunikasi eksternal
pengumpulan data: mengumpulkan dan merangkum data cuaca
instrumen: paket instrumen untuk koleksi data mentah.

Objek identifikasi
- Benda mengidentifikasi (dan kelas objek) adalah bagian yang paling sulit dari desain berorientasi objek.
- Tidak ada 'formula ajaib' untuk objectidentification. hal itu bergantung pada pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan domain desainer sistem.
- Identifikasi objek adalah proses berulang-ulang. Anda tidak mungkin untuk mendapatkan benar pertama kali.

Pendekatan untuk identifikasi
- Menggunakan pendekatan gramatikal berdasarkan deskripsi bahasa alami dari sistem (digunakan dalam metode OOD hood).
- Mendasarkan identifikasi pada hal-hal yang nyata dalam domain aplikasi.
- Menggunakan pendekatan perilaku dan mengidentifikasi objek berdasarkan apa yang berpartisipasi dalam apa perilaku.
- Menggunakan analisis berbasis skenario. obyek, atribut dan metode dalam setiap skenario diidentifikasi.

Stasiun cuaca deskripsi
stasiun cuaca adalah paket perangkat lunak yang dikendalikan instrumen yang mengumpulkan data, melakukan beberapa pengolahan data dan mengirimkan data ini untuk diproses lebih lanjut. instrumen meliputi termometer udara dan darat, anemometer, sebuah baling-baling angin, barometer dan alat pengukur hujan. Data dikumpulkan secara periodik i.
ketika perintah dikeluarkan untuk mengirimkan data cuaca, proses stasiun cuaca dan summarieses data yang dikumpulkan. data diringkas ditransmisikan ke komputer pemetaan saat permintaan diterima.

Objek stasiun kelas cuaca
1. tanah termometer, anemometer, barometer
- Benda domain aplikasi yang 'hardware' benda yang berkaitan dengan instrumen dalam sistem.
2. stasiun cuaca
- Antarmuka dasar stasiun cuaca untuk lingkungannya. karena itu mencerminkan interaksi yang diidentifikasi dalam model use case.
3. data cuaca
- Merangkum data diringkas dari instrumen.
lanjut benda dan perbaikan obyek
1. menggunakan pengetahuan domain untuk mengidentifikasi objek lebih dan operasi
- Stasiun cuaca harus memiliki pengenal yang unik;
- Stasiun cuaca yang jauh terletak sehingga kegagalan instrumen harus dilaporkan secara otomatis. Oleh karena itu atribut dan operasi untuk diri-pemeriksaan yang diperlukan.
2. aktif atau pasif benda
- Dalam hal ini, obyek yang pasif dan mengumpulkan data atas permintaan daripada mandiri. ini memperkenalkan fleksibilitas dengan mengorbankan waktu pemrosesan pengontrol.
desain model
- Model desain menunjukkan objek dan kelas objek dan hubungan antara entitas.
- Model statis menggambarkan struktur statis dari sistem dalam hal kelas objek dan hubungan.
- Model dinamis menggambarkan interaksi dinamis antara objek.

contoh model desain
- Sub-sistem model yang menunjukkan kelompok logis obyek menjadi subsistem yang koheren.
- Urutan model yang menunjukkan urutan interaksi objek.
- Model mesin negara yang menunjukkan bagaimana objek individu mengubah keadaan mereka dalam menanggapi peristiwa.
- Model lain termasuk penggunaan-kasus model, agregasi, model, model generalisasi, dll
subsistem model
- Menunjukkan bagaimana desain tersebut diatur dalam kelompok logis terkait benda.
- Di UML, ini ditampilkan menggunakan paket - enkapsulasi yang membangun. ini adalah model logis. organisasi sebenarnya objek dalam sistem mungkin berbeda.

urutan model
1. Model urutan menunjukkan urutan interaksi objek yang terjadi.
- Benda yang disusun secara horizontal di bagian atas;
- Waktu diwakili vertikal sehingga model dibaca atas ke bawah;
3. interaksi yang diwakili oleh panah berlabel, gaya yang berbeda panah reperesent berbagai jenis interaksi;
4. persegi panjang tipis di garis hidup objek merupakan waktu ketika objek adalah objek pengendali dalam sistem.

Statecharts
1. menunjukkan bagaimana benda menanggapi permintaan layanan yang berbeda dan transisi negara tersebut dipicu oleh permintaan
- Jika negara objek adalah shutdown maka menanggapi pesan startup ();
- Dalam kondisi menunggu objek sedang menunggu untuk pesan lebih lanjut;
- Jika reportWeather () bergerak sistem kemudian ke keadaan meringkas;
- Jika mengkalibrasi () sistem bergerak ke keadaan kalibrasi;
- Keadaan mengumpulkan dimasukkan ketika sinyal clock diterima.

Objek antarmuka Spesifikasi
- Antarmuka objek harus ditentukan sehingga benda-benda dan komponen lainnya dapat dirancang secara paralel.
- Desainer harus menghindari merancang representasi antarmuka tetapi harus menyembunyikan ini di obyek itu sendiri.
- Benda dapat memiliki beberapa interface yang merupakan sudut pandang tentang metode yang disediakan.
- UML menggunakan diagram kelas untuk antarmuka spesifikasi tetapi java juga dapat digunakan.
desain evolusi
- Menyembunyikan informasi dalam obyek berarti bahwa perubahan yang dibuat untuk sebuah objek tidak mempengaruhi objek lain dengan cara yang tak terduga.
- Menganggap pencemaran fasilitas pemantauan yang akan ditambahkan ke stasiun cuaca. sampel tersebut udara dan menghitung jumlah polutan yang berbeda di atmosfer.
- Pembacaan polusi ditransmisikan dengan data cuaca.
perubahan yang diperlukan
- Menambahkan kelas objek disebut kualitas udara sebagai bagian dari Weatherstation.
- Menambahkan reportAirQuality operasi untuk Weatherstation. memodifikasi perangkat lunak kontrol untuk mengumpulkan pembacaan polusi.
- Menambahkan objek yang mewakili instrumen pemantauan pencemaran.

Poin kunci
- OOD adalah sebuah pendekatan untuk merancang sehingga komponen desain memiliki negara sendiri pribadi mereka dan operasi.
- Benda harus memiliki konstruktor dan operasi pemeriksaan. mereka menyediakan layanan ke objek lain.
- Benda dapat diimplementasikan secara berurutan atau bersamaan.
- Bahasa pemodelan terpadu menyediakan notasi yang berbeda untuk mendefinisikan model obyek yang berbeda.

Poin kunci
- Berbagai model yang berbeda dapat dihasilkan selama proses desain berorientasi obyek.
ini termasuk model sistem statis dan dinamis.
- Antarmuka objek harus didefinisikan secara tepat misalnya menggunakan bahasa pemrograman seperti java.
- Desain berorientasi obyek berpotensi menyederhanakan evolusi sistem.

Sekian dari saya semoga bermanfaat,

Anggoro A. Kuasa






Tidak ada komentar:

Posting Komentar